Sabtu, 23 Februari 2019

Pengertian Murid Prasekolah

 Pengertian Murid Prasekolah

Menurut Soemiarti Patmonodewo, anak prasekolah yakni mereka yang berusia antara 3-6 tahun.87 Adapun berdasarkan The National Association for The Education ibarat dikutip Mansur, preschool adalah anak antara usia toddler (1-3 tahun) dan usia masuk kelas satu, biasanya antara usia 3-5 tahun.

 anak prasekolah yakni mereka yang berusia antara   Pengertian Murid Prasekolah
Menurut Gustian, berdasarkan karakteristik yang dimiliki, perkembangan anak usia prasekolah ialah tahapan perkembangan anak yang dikenal dengan masa bawah umur pertama, yakni anak diusia 3-6 tahun. Selanjutnya berdasarkan Ali Nugraha dan Neny Ratnawati, membagi anak usia prasekolah menjadi dua kelompok, yaitu usia 3-4 tahun yang disebut pertama prasekolah dan usia 4-5 tahun yang disebut dengan usia prasekolah.

Selanjutnya berdasarkan Hurlock ibarat dikutip Nuning Ismawati, yang disebut usia prasekolah adalah anak yang berada dalam rentang usia antara 2-6 tahun. Disebut anak prasekolah alasannya yakni anak mulai mempersiapkan diri memasuki jenjang sekolah dasar dengan berguru terlebih lampau pada jenjang kelompok bermain dan Taman Kanak-kanak. Berdasarkan uraian tersebut sanggup disimpulkan bahwa anak usia prasekolah yakni anak yang berada pada masa pertama pertumbuhan yaitu antara satu hingga lima atau enam tahun.

Menurut Snowman ibarat dikutip Soemiarti Padmonodewo, sekurang-kurangnya ada empat ciri anak usia prasekolah yang mencakup :
  • aspek fisik
  • sosial 
  • emosi
  • kognitif. 
Pada umumnya fisik anak usia prasekolah yakni sangat aktif, otot-otot besar lebih berkembang dari pada kontrol terhadap jari dan tangan, koordinasi tangan dan mata kurang sempurna, dan sebagaianya. Pada aspek sosial, anak prasekolah biasanya simpel bersosialisasi dengan orang di sekitarnya, umumnya anak pada tahapan ini mempunyai satu atau dua teman bersahabat tetapi teman bersahabat ini cepat berganti, dan sebagainya. Dari segi emosi, anak usia ini lebih cenderung mengekspresikan emosinya dengan bebas dan terbuka, iri hati juga sering terjadi. Adapun aspek kognitif, anak usia ini biasanya sudah terampil dalam berbahasa, akan tetapi kompetensi perlu dikembangkan terlebih lampau.

0 komentar

Posting Komentar