Minggu, 24 Februari 2019

Aspek Pembelajaran Yang Harus Diperhatikan Oleh Guru

 Aspek Pembelajaran yang harus diperhatikan Oleh Guru

    Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan  oleh seorang guru, diantaranya ialah:

a. Aspek pendekatan dalam pembelajaran.
Pendekatan pembelajaran terbentuk oleh konsepsi, wawasan teoritik dan asumsi-asumsi teoritik yang dikuasai guru ihwal hakikat pembelajaran. Mengingat pendekatan pembelajaran bertumpu pada aspek-aspek dari masing-masing komponen pembelajaran, maka dalam setiap pembelajaran akan tercakup penerapan sejumlah pendekatan secara serempak. Oleh sebab itu, pendekatan-pendekatan dalam setiap satuan pembelajaran akan bersifat multi pendekatan.
Aspek Pembelajaran yang harus diperhatikan Oleh Guru Aspek Pembelajaran yang harus diperhatikan Oleh Guru
b. Aspek taktik dan taktik dalam pembelajaran.
Pembelajaran sebagai proses, aktualisasinya mengimplisitkan adanya strategi. Strategi berkaitan dengan perwujudan proses pembelajaran itu sendiri. Strategi pembelajaran berwujud sejumlah
tindakan pembelajaran yang dilakukan guru yang dinilai strategis untuk mengaktualisasikan prosespembelajaran.
Terkait dengan pelaksanaan taktik yaitu taktik pembelajaran.
Taktik pembelajaran bekerjasama dengan tindakan teknis untuk menjalankan strategi. Untuk melaksanakan taktik diharapkan kiat-kiat teknis, supaya nilai strategis setiap kegiatan yang dilakukan guru-anakdidik di kelas sanggup terwujudkan. Kiat-kiat teknis tertentu terbentuk dalam tindakan prosedural. Kiat teknis prosedural dari setiap kegiatan guru-anakdidik di kelas tersebut dinamakan taktik pembelajaran. melaluiataubersamaini perkataan lain, taktik pembelajaran yaitu kiat-kiat teknis yang
bersifat prosedural dari suatu tindakan guru dan siswa dalam pembelajaran faktual di kelas.

c. Aspek metode dan metode dalam pembelajaran.
Aktualisasi pembelajaran berbentuk serangkaian interaksi dinamis antara guru-anakdidik atau anakdidik dengan lingkungan belajarnya. Interaksi guru-anakdidik atau anakdidik dengan lingkungan belajarnya tersebut sanggup mengambil banyak sekali cara. Teknik-cara interaksi guru-anakdidik dengan
lingkungan belajarnya tersebut lazimnya dinamakan metode. Metode ialah belahan dari sejumlah tindakan strategis yang menyangkut ihwal cara bagaimana interaksi pembelajaran dilakukan. Metode dilihat dari fungsinya ialah seperangkat cara untuk
melakukan kegiatan pembelajaran. Ada beberapa cara dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, contohnya dengan berceramah, berdiskusi, bekerja kelompok, bersimulasi, dan lain-lain. Setiap
metode mempunyai aspek teknis dalam penerapannya. Aspek teknis yang dimaksud yaitu gaya dan variasi dari setiap pelaksanaan metode pembelajaran.

d. Prosedur pembelajaran.

Pembelajaran dari sisi proses keberlangsungannya, terjadi dalam bentuk serangkaian kegiatan yang berjalan secara bertahap. Kegiatan pembelajaran berlangsung dari satu tahap ke tahap selanjutnya, sehingga terbentuk alur konsisten. Tahapan pembelajaran yang konsisten yang terbentuk alur tragedi pembelajaran tersebut ialah mekanisme pembelajaran.

0 komentar

Posting Komentar