Minggu, 17 Februari 2019

Pengertian Supervisi Pendidikan


Pengertian Supervisi Pendidikan

Judul : Pengertian Supervisi Pendidikan
Tags : pengertian supervisi pendidikan pdf,pengertian supervisi pendidikan berdasarkan para ahli,pengertian supervisi pendidikan berdasarkan para pakar,pengertian supervisi pendidikan islam,pengertian supervisi pendidikan berdasarkan ahli,pengertian supervisi pendidikan anak usia dini,pengertian supervisi pendidikan adalah,pengertian supervisi manajemen pendidikan,tujuan supervisi pendidikan adalah,tujuan supervisi pendidikan berdasarkan ahli,pengertian supervisi dalam manajemen pendidikan,tujuan supervisi pendidikan bagi guru,pengertian supervisi pendidikan berdasarkan beberapa ahli,konsep supervisi pendidikan berdasarkan beberapa ahli,pengertian dan pola supervisi pendidikan,pengertian supervisi pendidikan dari banyak sekali ahli

Dilihat dari sudut etimologi, supervisi berasal dari kata “super” dan “vision” yang berarti atas dan penglihatan. Makara secara etimologis supervisi berarti penglihatan dari atas. Pengertian tersebut ialah arti kiasan yang menggambarkan suatu posisi di mana yang melihat berkedudukan lebih tinggi daripada yang dilihat.

Sedangkan berdasarkan beberapa jago pengertian supervisi yaitu :
Menurut Boardman “supervisi yaitu suatu menstimulir, mengkoordinir dan membimbing secara berlanjut pertumbuhan guru-guru baik secara pribadi maupun kelompok semoga lebih memahami dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran”.
Menurut P. Adam dan Frank Dickey yang dikutip oleh Hendiyat dan Wasty Soemato “Supervisi yaitu jadwal yang berencana untuk memperbaiki pengajaran”.3
Sedangkan berdasarkan Good Carter yang dikutip oleh Piet A. Sahertian dan Frans Mataheru yaitu :
“Supervisi yaitu perjuangan dari petugas-petugas sekolah dalam memimpin guru-guru dan petugas sekolah lainnya dalam memperbaiki pengajaran termasuk menstimulir, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru-guru dan merevisi tujuan pendidikan, materi pengajaran dan metode mengajar, dan penilaian pengajaran”.4

Sedangkan berdasarkan Broadman supervisi diartikan :

“Suatu perjuangan menstimulir, mengkoordinir dan membimbing secara kontinyu guru-guru disekolah, baik secara individu maupun kolektif. Agar lebih mengerti dan efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran, dengan demikian mereka sanggup menstimulir dan membimbing pertumbuhan anakdidik secara kontinyu, sehingga dengan demikian mereka bisa dan lebih cakap berpartisipasi dalam masyarakat demokrasi modern”.5


H. Burton dan Leo J. Bruckner, beropini bahwa “supervisi yaitu suatu metode pelayanan yang tujuan utamanya mempelajari, memperbaiki secara bersama-sama, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak”
Menurut Oteng Sutisna dalam bukunya supervisi dan manajemen pendidikan yaitu sebagai diberikut :
“Supervisi yaitu motivasi, dorongan dan segala menolongan bagi para guru dan personil lainnya untuk membuat sumbangan-sumbangan yang sebesar-besarnya terhadap tercapainya maksud-maksud dan tujuan-tujuan pendidikan”

Baca Juga :




Dari uraian tersebut maka sanggup ditarik kesimpulan bahwa fungsi supervisi yaitu memajukan dan berbagi pengajaran sehingga proses berguru mengajar berlangsung dengan baik, atau bisa juga diartikan supervisi yaitu untuk memajukan dan berbagi pengajaran semoga seorang guru bisa mengajar dengan baik dan diperlukan juga anakdidik bisa berguru dengan baik pula.
Supervisi  baru boleh dikatakan berhasil apabila pada diri guru sudah tumbuh kemauan untuk berkembang dan bertumbuh dalam jabatannya. Hal ini alasannya yaitu guru ialah motor aktivis untuk melakukan perbaikan situasi berguru mengajar. Usaha untuk menumbuhkan, mendorong dan memmenolong pertumbuhan pribadi dan jabatan guru-guru ini membutuhkan waktu yang usang sehingga perlu di susun suatu jadwal supervisi yang sistematis dalam arti dilaksanakan secara teratur berencana dan terarah

0 komentar

Posting Komentar