Pemecahan Faktor Penghambat Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah
a) Anak didik
Dalam mengatasi problematika yang berkenaan dengan dilema berguru yang dialami siswa, maka guru harus mereview hambatan-hambatan berguru siswa.
Oleh alasannya ialah itu kiprah guru ialah menyebabkan motif yang akan mendorong anak berbuat untuk mencapai tujuan belajar.
b) Pendidik
Seorang manajer sekolah dalam hal ini kepala sekolah haruslah tanggap dengan kondisi dan kemampuan tenaga pengajar yang ada di sekolahnya, baik itu dalam hal skillmaupun perekonomiannya. Oleh lantaran itu, guna meningkatkan gairah pendidik maka harus ada kompensasi bagi guru sebagaimana pendapat E. Mulyasa.
Kompensasi ialah balas jasa yang didiberikan organisasi kepada pegawai, yang sanggup dinilai dengan uang dan memiliki kecenderungan didiberikan secara tetap. Pemdiberian kompensasi selain dalam bentuk penghasilan, sanggup juga berupa tuntidakboleh akomodasi perumahan, kendaraan dan lain-lain.
Selain itu dalam peningkatan skill pendidik sanggup dengan jalan mengikutkan dalam penataran, seminar, work shop dan lain-lain yang sesuai dengan bidangnya.
c) Dana dan masukana pramasukana
Melihat akan pentingnya biaya dan masukana pramasukana pendukung bagi sekolah maka guna mencukupi biaya pendidikan, pembangunan masukana dan akomodasi pendidikan terutama masukana fisik, alat pengajaran dan ruang berguru serta kelengkapan buku-buku pegangan siswa dan yang lainnya maka untuk mengatasi permasalahan ini berdasarkan ST. Vembrianto yaitu:
Pembagian text book secara gratis kepada anakdidik-anakdidik sekolah dasar selurah Indonesia ialah tindakan yang memiliki dampak konkret terhadap perbaikan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Hal ini seharusnya diikuti dengan derma text book secara gratis pula kepada anakdidik-anakdidik SLTP, SLTA dan mahasiswa di perguruan tinggi tinggi. Di samping text book perlu pula dilengkapi dengan alat-alat praktikum, laboratorium, mobiler dan perbaikan gedung sekolah.
Selain itu sebagai alternatif lain yang bisa dilakukan oleh forum pendidikan ialah dengan meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan masyarakat yaitu dengan membentuk donatur-donatur tetap.
d) Partisipasi masyarakat
sepertiyang diketahui peranan masyarakat dalam pengelolaan dan perkembangan forum pendidikan sangatlah kuat akan keberhasilan penerapan Manajemen Berbasis Sekolah.
Oleh lantaran itu, kiprah masyarakat dalam ikut serta mendukung dan berpartisipasi aktif serta ikut memikirkan dan berbagi sekolah sangat perlu ditingkatkan baik itu dari sisi moril maupun materiil.
0 komentar
Posting Komentar