1. Asas dalam Manajemen Humas
Dalam melaksanakn tugas-tugasnya administrasi Humas harus memperhatikan asas yang berkaitan dengan humas, semoga tugas-tugas tersebut sanggup berjalan secara efektif dan efisien. Adapun asas-asas tersebut antara lain:
a. Asas adil dan resmi
Semua informasi atau diberita yanmg disampaikan keada masyarakat harus berupa bunyi resmi dari suatu instansi atau lembaga. Oleh sebab itu, informasi yang disebarluaskan dihentikan berperihalan dengan budi yang tengah dijalankan. Dalam hal ini penelitian dan pengontrolan kegiatan humas oleh atasan memegang peranan yang sangat penting semoga terhindar dari kemungkinan pemdiberitaan yang tidak sempurna atau merugikan.
b. Asas Organisasi yang Tertib dan Disiplin
Humas akan berfungsi apabila tugas-tugas pokok organisasi atau forum berjalan lancar, efektif, serta mempunyai kekerabatan kerja ke dalam dan ke luar organisasi yang efektif pula. Situasi tersebut memungkinkan informasi atau diberita yang disebarkan tidak tidak sama dengan kenyataan.
c. Asas Mendorong Partisipasi
Informsi harus mendorong tumbuhnya minat masyarakat semoga ikut berpartisipasi atau mempersembahkan pertolongan secara wajar. Oleh sebab itu, informasi atau diberita yang disampaikan kepada masyarakat tidak sekedar dilihat dari kepentingan organisasi, tetapi harus dilihat dri pihak peserta informasi.
d. Asas Kontinuitas Informasi
Humas harus berusaha semoga masyarakat memperoleh informasi secara kontinu seuai engan kebutuhan. Untuk itu, informasi ekspresi dan tertulis sanggup dilakukan secara terjadwal dan pada waktu tertentu. melaluiataubersamaini demikian, masyarakat mempunyai gmbaran yang lengkap dan menyeluruh wacana keadaan atau problem yang dihadapi suatu organisasi atau lembaga.
e. Asas Pemerhatian Respons Masyarakat
Rspons yang timbul dikalngn masyarakat sebagai feed back harus menerima perhatian sepenuhnya. Respons masyarakat sanggup berbentuk masukan, pendapat, Koreksi, keluhan dn prtanyaan. Semua respons itu harus disting semoga dpat dipakai untuk memperbaiki kegiatan-kegiatan dalam rangka memenuhi impian masyarakat. Seorang pemimpin dihentikan merasa takut atau menghindari rspons mayarakat, terutama Koreksi. Berdasarkan respons masyarakat tersebut, seorang pemimpin sanggup memperoleh pengalaman gres yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya. melaluiataubersamaini demikian, di dalam humas terdapat suatu perjuangan untuk mewujudkan kekerabatan yang hrmonis antara suatu tubuh (lembaga) dan publiknya sehingga timbul opini publik yang menguntungkan tubuh atau forum tersebut.
Disamping ass-asas yang sudah disebutkan, perlu ditegaskan pula bahwa untuk mencapai suatu kekerabatan kolaborasi yang serasi dengan publik, kegiatan humas harus diarahkan ke dalam da ke luar. Kegiatn ke dalam disebut internal public relations, sedangkan kegiatan ke luar disebut eksternal public relations.
Apabila sekolah melakukan asas atau prinsip humas dalam rangka training dan pengembangan kehidupan di sekolah, kegiatan humas memperoleh sebutan tersendiri, yaitu publisitas seklah. Publisitas sekolah yakni tiruana acara yang diwujudkan untuk membuat kolaborasi yang serasi antara sekolah dan masyarakat melalui perjuangan memperkenalkan sekolah dan seluruh kegiatannya kepada masyarakat semoga sekolah memperoleh simpati dan pengertian masyarakat.
Hubungan kolaborasi forum pendidikan sekolah dan masyarakat itu sanggup digolongkan menjadi tiga jnis hubungan, yaitu:
1) Hubungan Edukatif
Hubungan dukatif disini ialah kekerabatan kolaborasi dalam hal mendidik anakdidik, antara guru di sekolah dan orangtua di keluarga. Adanya kekerabatan ii dimaksudkan semoga tidak terjadi perbedaan prinsip atau bahkan perperihalan yang sanggup mengakibtkan keragu-guan pendirian dan perilaku pada diri anak atau anakdidik. Antara sekolah yang diwakili oleh guru dan orangtua tidak saling tidak sama atau berselisih paham, baik wacana norma-norma etika maupun norma-norma sosial yang hendak ditanamkan kepada bawah umur mereka.
2) Hubungan Kultural
Hubugan kultural yang dimaksud adlah perjuangan antara sekolah dan masyarakat yang memungkinkan adanya saling membina dan berbagi kebudayaan masyarakat daerah sekolah tersebut berada. Diharapkan sekolah menjadi titik sentra dari sumber daerah terpencarnya norma-norma kehidupan (norma agama, etika dan estetika).
3) Hubungan Institusional
Hubungan institusional yaitu kekerabatan kerjasama antara sekolah dengan lembaga-lembaga atau instansi-instansi lain, baik swasta maupun pemerintah. Seperti kekerabatan kerjasama ekolah dengn sekolah lain, engan kepala pemerintahan setempat, jawatan penerangan, jawatan perikanan dan peternakan, dengan peruhaan-perusahan egara atau swasta yang berkaitan dengan perbaikan dan perkembangan pendidikan pada umumnya.
0 komentar
Posting Komentar