Tujuan Supervisi Pendidikan
Judul : Tujuan Supervisi Pendidikan
Tags : tujuan dan fungsi supervisi pendidikan,tujuan dan fungsi supervisi pendidikan islam,tujuan dan fungsi supervisi pendidikan di sekolah,pengertian tujuan dan fungsi supervisi pendidikan,makalah tujuan dan fungsi supervisi pendidikan,fungsi tujuan dan prinsip supervisi pendidikan,tujuan fungsi dan manfaat supervisi pendidikan,pengertian tujuan fungsi supervisi pendidikan,pertanyaan ihwal tujuan dan fungsi supervisi pendidikan,dasar aturan pengertian tujuan dan fungsi supervisi pendidikan islam,hubungan antara tujuan samasukan dan fungsi supervisi pendidikan,pengertian tujuan dan fungsi supervisi pendidikan islam
Tujuan supervisi ialah memperkembangkan situasi berguru dan mengajar yang lebih baik. Usaha perbaikan berguru dan mengajar di tujukan kepada pencapaian tujuan selesai dari pendidikan yaitu pembentukan langsung anak secara terbaik.8
Pendapat dari tokoh lain ada yang mengartikan bahwa tujuan supervisi pendidikan pada hakekatnya ialah perbaikan atau peningkatan mutu pendidikan atau pengajaran pada umumnya dan berguru mengajar pada khususnya.
Secara nasional tujuan konkrit dari supervisi pendidikan ialah :
a. Memmenolong guru melihat dengan terang tujuan pendidikan
b. Memmenolong guru dalam membimbing pengalaman berguru anakdidik.
c. Memmenolong guru dalam memakai alat-alat pelajaran modern.
d. Memmenolong guru dalam memakai metode-metode dan sumber-sumber pengalaman belajar.
e. Memmenolong guru dalam menilai kemajuan anakdidik-anakdidik dan hasil pekerjaan guru itu sendiri.
f. Memmenolong guru-guru gres di sekolah sehingga mereka merasa besar hati dengan kiprah yang diperolehnya.
Tugas seorang supervisor atau kepala sekolah ialah menolong guru biar bisa melihat duduk masalah yang dihadapi. Langkah diberikutnya yang harus diambil supervisor ialah menolong para guru biar sanggup memecahkan problema yang mereka hadapi, maka sanggup disimpulkan bahwa tujuan bahwasanya dari supervisi pendidikan ialah membuat guru yang sanggup bangun sendiri, guru yang sanggup atau bisa mengarahkan diri sendiri.
Dalam pembagian terstruktur mengenai lain dijelaskan uraian ihwal supervisi pendidikan yaitu :
a. Memmenolong guru biar lebih mengerti atau menyadari tujuan-tujuan pendidikan disekolah dan fungsi sekolah dalam perjuangan mencapai tujuan pendidikan.
b. Memmenolong guru biar lebih menyadari dan mengerti kebutuhan dan masalah-masalah yang dihadapi siswa.
c. Untuk melakukan kepemimpinan yang efektif dengan cara yang demokratif dalam rangka meningkatkan kegiatan-kegiatan yang professional disekolah dan kekerabatan yang kooperatif antara staf untuk bahu-membahu meningkatkan kemampuan masing-masing.
d. Menemukan kemampuan dan kelebihan tiap guru, memanfaatkan dan berbagi dengan mempersembahkan kiprah dan tanggungjawaban sesuai dengan kemampuannya.
e. Memmenolong guru meningkatkan kemampuan penampilannya didepan kelas.
f. Memmenolong guru dalam masa orientasinya supaya sanggup dan cepat beradaptasi dengan tugasnya dan sanggup mendayagunakan kemampuan secara optimal.
g. Memmenolong guru menemukan kesusahan berguru anakdidik-anakdidiknya dan merencanakan tindakan perbaikan.
h. Menghindari tuntutan-tuntutan terhadap guru diluar batas atau tidak wajar, baik itu hadirnya dari dalam maupun dari luar.11
Selain itu kepala sekolah juga memiliki tugas-tugas dan tanggungjawaban lain dalam peranannya sebagai supervisor, yaitu bertugas mempersembahkan bimbingan, menolongan, pengawasan dan penilaian pada masalah-masalah yang berafiliasi dengan tehnik penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan pengajaran berupa perbaikan aktivitas dan kegiatan pendidikan pengajaran untuk sanggup membuat situasi berguru mengajar yang lebih baik. Makara kiprah ini menyangkut bidang perbaikan dan pengembangan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian kurikulum dalam arti luas (curriculum improvement) atau perbaikan pengajaran (instructional improvement).
Baca Juga :
misal Kata Pengantar Skripsi yang Baik dan Benar
- misal Permohonan Judul Skripsi yang Baik dan Benar
- misal Proposal Penelitian Skripsi yang Baik dan Benar
Dari klarifikasi ihwal tujuan supervisi diatas maka kita sanggup mengambil suatu kesimpulan bahwa pengertian dari tujuan supervisi ialah memmenolong dalam menumbuhkan professional guru, sehingga guru sanggup melakukan proses berguru mengajar secara efektif dan efisien.
Fungsi Supervisi Pendidikan
Ada majemuk tanggapan ihwal fungsi supervisi sesuai dengan definisi yang sudah dikemukakan, namun ada suatu general agreement bahwa peranan utama dari supervisi ialah ditujukan pada perbaikan pengajaran.
Fguath Jgua beropini bahwa supervisi akan sanggup memdiberi menolongan terhadap aktivitas pendidikan melalui majemuk cara sehingga kualitas kehidupan akan sanggup diperbaiki juga.13
Fungsi supervisi berdasarkan Sweringen ada delapan yaitu:
a. Mengkoordinir tiruana perjuangan sekolah.
b. Melengkapi kepemimpinan sekolah.
c. Memperluas pengalaman guru-guru.
d. Menstimulir usaha-usaha yang kreatif.
e. Memdiberikan akomodasi dan penilaian yang terus menerus.
f. Menganalisa situasi berguru mengajar.
g. Memdiberikan pengetahuan dan skill kepada setiap anggota staf.
h. Mengintegrasikan tujuan pendidikan dan memmenolong meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru.
0 komentar
Posting Komentar