1. Peran Sekolah Terhadap Masyarakat
Organisasi pendidikan (sekolah) ialah suatu sistem yang terbuka. Sebagai sistem terbuka, sekolah niscaya akan mengadakan kekerabatan dengan masyarakat di sekelilingnya. Sekolah yang maju niscaya akan banyak mengadakan kekerabatan dengan lembaga-lembaga lain di luar sekolah, misalnya dalam hal beasiswa, PHBI, praktek ketenaga-kerjaan dan masih banyak lagi yang lain.
Dalam hal ini Immegart (1972:44) mengungkapkan bahwa
Hanya sistem yang terbuka yang mempunyai negentropy, yaitu suatu perjuangan yang terus menerus untuk menghalangi kemungkinan terjadinya entropy (kepunahan).[1]
Memang tidak sanggup dipungkiri bahwa masyarakat dan sekolah mempunyai keterkaitan dan saling besar lengan berkuasa satu sama lain. Lembaga yang berkarakter baik akan terus berusaha memfungsikan dan mengatur administrasi humasnya dengan melaksanakan kekerabatan dengan lembaga-lembaga lain diluar sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikannya.
Dari uraian tersebut diatas, terang terlihat bahwa forum pendidikan mempunyai tugas cukup besar terhadap masyarakat dan juga sebaliknya masyarakat juga mempunyai tugas cukup besar bagi penyelenggaraan pendidikan. Mengenai tugas sekolah terhadap masyarakat beberapa hebat tidak sama bendapat sebagai diberikut;
Stoop (1981: 463-464) mengambarkan bahwa pada hakekatnya forum mempunyai 2 fungsi terhadap masyarakat yaitu fungsi layanan dan fungsi pemimpin. Dikatakan fungsi layanan alasannya ialah ia melayani kebutuhan masyarakat, baik itu pendidikan, pengajaran maupun kebutuhan daerah-daerah setempat. Dikatakan sebagai pemimpin alasannya ialah ia memimpin masyarakat disertai dengan penemuan-penemuannya untuk memajukan kehidupan masyarakat.[2]
Fuad Ihsan (1997: 98-99) mengutip pendapatnya Sapiah Faisal (1980) dalam bukunya dasar-dasar kependidikan sebut 4 tugas sekolah terhadap perkembangan masyarakat ialah sebagai diberikut;
a. Mencerdaskan kehidupan bangsa
Kecerdasan masyarakat sanggup dikembangkan melalui pendidikan formal dan non formal. Kecerdasan memang sangat penting bagi perkembangan masyarakat. Masyarakat yang tingkat kecerdasannya tinggi akan simpel memecahkan problema hidup dalam masyarakat.
b. Membawa virus pembaharuan bagi perkembangan masyarakat.
Sekolah sebagai forum pendidikan akan banyak melaksanakan penelitian untuk meningkatkan kualitasnya. Penelitian tersebut akan menghasilkan penemuan-penemuan gres yang pada hasilnya akan dipergunakan untuk meningkatkan perkembangan masyarakat.
c. Melahirkan masyarakat masyarakat yang siap dan terbekali bagi kepentingan kerja di lingkungan masyarakat.
Untuk terjun kelapangan pekerjaan dibutuhkan bekal yang matang, pengetahuan, perilaku dan keterampilan. Sekolah akan berusaha menyusun kurikulumnya secara fleksibel terhadap perkembangan zaman sehingga akan menghasilkan out put yang siap pakai.
d. Melahirkan perilaku kasatmata dan konstruktif bagi masyarakat masyarakat, sehingga tercipta integrasi social yang serasi di tengah-tengah masyarakat.
Sikap kasatmata dan konstruktif sungguh sangat didambakan oleh masyarakat dan sekolah sudah berusaha membekali siswanya semenjak sekolah dasar lewat pendidikan agama, pendidikan watak pancasila, maupun bidang studi yang lain
0 komentar
Posting Komentar