Kamis, 14 Februari 2019

Peran Masyarakat Terhadap Sekolah


1.      Peran Masyarakat Terhadap Sekolah
Masyarakat sebagai forum pendidikan ketiga setelah keluarga dan sekolah mempunyai tugas cukup besar terhadap berlangsungnya acara yang menyangkut problem pendidikan. suatu kenyataan bahwa masyarakat dikatakan maju lantaran pendidikan yang maju, dan sebaliknya masyarakat yang kurang kurang memperhatikan training pendidikannya, akan tetap terbelakang. oleh alasannya itulah, dengan segala komponen yang ada di dalamnya, sudah seharusnyalah masyarakat terlibat dalam dunia pendidikan.

Muhammad Noor Syam (1996: 197) dalam bukunya Filsafat Pendidikan dan Dasar Pendidikan Pancasila mengungkapkan bahwa
Masyarakat sebagai totalitas mempunyai physical environmen (lingkungan alamiah, benda-benda, iklim, kekayaan material) dan social environment (manusia, kebudayaan, dan nilai-nilai agama), sumber daya alam, sumber daya insan dan budaya.

Dari situ terperinci bahwa masyarakat dengan segala atribut dan identitas yang dimilikinya secara eksklusif niscaya akan kuat terhadap perkembangan pendidikan. Beberapa andal beropini tidak sama sebagai diberikut;
Fuad Ihsan dalam bukunya dasar-dasar kependidikan mengutip pendapatnya Tim Dosen IKIP-UNS sebut bahwa dampak dan tugas masyarakat terhadap pendidikan ialah sebagai diberikut;
a.       Sebagai arah dalam memilih tujuan
b.      Sebagai masukan dalam memilih proses mencar ilmu mengajar
c.       Sebagai sumber belajar
d.      Sebagai pemdiberi dana dan akomodasi lainnya
e.       Sebagai laboratorium guna pengembangan dan penelitian sekolah

Sedangkan Hasbullah dalam bukunya dasar-dasar ilmu kependidikan sebut bahwa tugas masyarakat terhadap (sekolah) ialah sebagai diberikut;
a.       Masyarakat berperan serta dalam mendirikan dan membiayai sekolah.
b.       Masyarakat berperan dalam mengawasi pendidikan biar sekolah tetap memmenolong dan mendukung harapan dan kebutuhan masyarakat.
c.       Masyarakatlah yang ikut menyediakan daerah pendidikan menyerupai gedung- gedung sekolah, perpustakaan, AULA dll.
d.      Masyarakatlah yang menyediakan banyak sekali sumber untuk sekolah. Sekolah sanggup melibatkan masyarakat yang mempunyai keahlian khusus menyerupai petani, pedagang, polisi, dokter dll.
e.       Masyarakat sebagai sumber pelajaran atau laboratorium daerah belajar. selain buku-buku pelajaran, masyarakat juga mempersembahkan materi pelajaran yang banyak sekali menyerupai industri, perumahan, transport, perkebunan, pertambangan dll.[1]
Dari beberapa uraian tersebut diatas terperinci terlihat bahwa pada hakekatnya masyarakat mempunyai tugas yang cukup besar bagi pendidikan. Realita dilapangan menunjukan bahwa perkembangan dalam masyarakat akan sangat kuat terhadap pendidikan. Semakin maju suatu masyarakat maka pendidikan harus sanggup mengerahkan segala daya upayanya untuk mengikuti perkembangan masyarakat tersebut jika tidak mau ketinggalan zaman.

0 komentar

Posting Komentar