Fungsi Motivasi
One. Memdiberi semangat dan mengaktifkan anakdidik semoga tetap berminat dan siaga untuk belajar.
Two. Memusatkan perhatian anak pada tugas-tugas tertentu yang berafiliasi dengan pencapaian tujuan belajar
Three. Memmenolong memenuhi kebutuhan akan hasil jangka pendek dan hasil jangka panjang.
Adapun berdasarkan Dr. Oemar Hamalik motivasi berfungsi sebagai:
1. Mendorong timbulnya tingkah laris atau perbuatan. Tanpa motivasi tidak akan timbul suatu perbuatan-perbuatan contohnya belajar.
2. Sebagai pengarah, artinya mengarahkan perbuatan untuk mencapai tujuan yang dinginkan.
3. Sebagai penggerak, artinya menggerakkan tingkah laris seseorang besar-kecilnya motivasi akan memilih cepat atau lambatnya suatu pekerjaan.
Lain halnya berdasarkan Prof. Dr. Nasution. N.A. Motivasi berfungsi sebagai:
1. Mendorong insan untuk berbuat, yaitu sebagai penggerak.
2. Menentukan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang ingin dicapai.
3. Menyeleksi perbuatan yaitu memilih perbuatan-perbuatan apa yang harus dijalankan yang harmonis guna untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Bentuk-bentuk Motivasi di Sekolah
Ada beberapa bentuk motivasi untuk menumbuhkan minat berguru siswa di sekolah yaitu:
One. Memdiberi angka ialah sebagai simbol atau nilai dari hasil aktifitas berguru siswa.
Two. Hadiah ialah mempersembahkan sesuatu kepada orang lain sebagai penghargaan atau kenang-kenangan.
Three. Kompetensi ialah persaingan, sanggup dipakai sebagai alat motivasi untuk mendorong anak didik semoga mereka berangasan belajar.
Four. Ego invol vement untuk menumbuhkan kesadaran kepada siswa semoga mencicipi pentingnya kiprah dan menerimanya sebagai tantangan sehingga bekerja keras dalam belajar.
Five. Memdiberi ulangan semoga siswa mempersiapkan diri dengan berguru untuk menghadapi ulangan.
Six. Mengetahui hasil berguru siswa sebagai alat motivasi.
Seven. Ujian ialah bentuk Reinforcament yang nyata yang sekaligus ialah motivasi yang baik.
Eight. Hukuman untuk memperbaiki perilaku dan perbuatan yang dianggap salah.
Nine. Hasrat berguru berarti ada unsur kesengajaan, ada maksud untuk belajar.
Ten. Minat kecendrungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktifitas.
Eleven. Tujuan yang diakui memahami tujuan yang harus dicapai, sehingga menyebabkan gairah untuk terus belajar
0 komentar
Posting Komentar