Minggu, 17 Februari 2019

Contoh Hasil Penelitian Dan Pembahasan Skripsi

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Tahap Persiapan
Proses keseluruhan penyelesaian skripsi ini peneliti tempuh melalui tahap persiapan, tahap pelaksanaan tahap penyajian data, analisis data dan pembuktian hipotesis.
Ada beberapa hal yang ditempuh dalam tahap persiapan ini, yaitu :
  1. Pencarian dan penetapan problem untuk selanjutnya dijadikan judul skripsi
  2. Pengajuan judul kepada sekretaris jurusan PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Aqidah Usymuni Tarate Pandian Sumenep
  3. Pembuatan Proposal Penelitian, kerangka skripsi dan instrument penelitian
  4. Mengurus surat izin penelitian ke Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Aqidah Usymuni Tarate Pandian Sumenep
  5. Mengurus surat undangan kesediaan pembimbing 1 da II kepada sekretaris jurusan PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Aqidah Usymuni Tarate Pandian Sumenep
  6. menyampaikan surat izin penelitian kepada kepala Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Daramista Lenteng Sumenep
B.     Tahap Pelaksanaan
Dalam tahap pelaksanaan penelitian, acara – acara yang dilakukan mencakup :
  1. Mengadakan Observasi kelokasi penelitian wacana penerapan metode demonstrasi dan Tanya balasan dalam pembelajaran fiqih
  2. Mengadakan interview dengan guru mata pelajaran fiqih
  3. Menyebarkan angket kepada respondent
  4. Menarik kembali pengisian angket dari respondent
  5. Mengadakan tes pelajaran fiqih
  6. Mengadakan pencatatan data dokumentasi
  7. meminta surat keterangan sudah melakukan penelitian kepada kepala madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Daramista Lenteng Sumenep
C.     Tahap Penyajian Data
Pada bab penyajian data ini, penulis akan menguraikan tiruana data yang diperoleh melalui metode yang dipakai dalam penelitian ini, baik metode utama menyerupai angket dan tes maupun metode penunjang menyerupai metode observasi, interview dan dokumentasi. Untuk lebih jelasnya data tersebut disajikan sebagai diberikut :
1.      Data hasil observasi
Dari metode ini penulis ingin memperoleh data wacana penerapan metode demonstrasi dan tanya balasan pada bahan fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep tahun pelajaran 2011/ 2012 dan dari metode ini diperoleh data sebagai diberikut :
a.       Metode demonstrasi dan tanya balasan sudah diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin pada setiap kelas (VII, VIII dan XI) oleh guru pengajar bahan fiqih. Tapi ada satu hambatan yaitu kurangnya media pembelajaran yang sanggup menunjang proses pembelajaran.
b.      Tingkat pemahaman siswa sanggup dikatakan baik. Siswa bisa menangkap makna serta sanggup menguraikan kembali bahan yang sudah disampaikan oleh guru.

2.      Data hasil interview
Data hasil interview ini ialah data yang diperoleh dikala penulis mengadakan interview dengan guru mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep. Selanjutnya data hasil interview tersebut sanggup penulis paparkan sebagai diberikut :
a.       Pada pertamakali diterapkan metode demonstrasi dan tanya jawaban, efektifitasnya sangat rendah, terbukti dengan banyaknya tantangan dan hambatan – hambatan. Hal ini alasannya ialah guru maupun siswa belum terbiasa dengan metode tersebut. Juga kurangnya media atau alat peraga.
b.      Upaya yang dilakuakan guru untuk meningkatkan pemahaman siswa cukup baik. Seperti halnya guru membuat peta konsep terlebih lampau, mempersembahkan bahan sesuai dengan kemampuan akseptor didik dan mempersembahkan penilaian sesuai dengan tuajuan pembelajaran.
3.      Data hasil dokumentasi
a.     Struktur organisasi Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep. (Lampiran 9)
b.    Struktur tenaga edukataif karyawan Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep. (Lampiran 10)
c.     Data siswa yang menjadi responden penelitian (Lampiran 8)
d.    Hal-hal yang berkaitang dengan data yang dibutuhkan menyerupai skema sekolah, kalender pendidikan sanggup dilihat pada lampiran 12 dan 13
4.      Data hasil angket
Untuk mengetahui ada tidaknya imbas penerapan metode demonstrasi dan tanya balasan terhadap tingkat pemahaman siswa, penelitian memakai metode angket. melaluiataubersamaini vareabel (X) ada 7 butir sedangkan untuk vareabel (Y) ada 8 butir. Sedangkan metode dalam memdiberi skor angket penulis penulis memakai peringkat 3, 2 dan 1 dengan alternatif a = 3, b = 2 dan c = 1.
5.   Data Hasil Tes
Untuk mengetahui lebih lanjut data hasil tes wacana tingkat pemahaman siswa pada bahan fiqih. Maka penulis sajikan dalam bentuk tabel di bawah ini :
TABEL 1
DATA HASIL ANGKET TENTANG
METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB



















NO
Nomor Item
Frekuensi Jawaban
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
a
b
c
1
a
a
a
a
a
b
b
a
a
b
b
c
c
c
a
8
4
3
2
c
c
b
b
a
b
a
b
a
b
c
a
c
c
c
4
5
6
3
a
a
b
b
b
b
b
a
b
a
c
c
a
c
c
5
6
4
4
a
a
a
a
a
b
b
a
a
a
b
a
c
c
c
9
3
3
5
a
a
a
b
a
a
c
c
c
c
c
c
c
c
c
5
1
9
6
b
b
a
a
b
b
a
a
b
a
a
b
a
a
b
8
7
0
7
a
a
a
a
a
a
a
a
c
c
c
a
b
b
b
9
3
3
8
a
a
a
a
b
a
a
a
a
c
c
c
c
c
c
8
1
6
9
a
a
a
a
a
a
a
a
b
b
b
b
b
b
b
8
7
0
10
a
a
a
a
a
c
c
c
c
c
b
b
b
b
b
5
5
5
11
a
a
a
b
b
b
a
a
a
a
c
c
c
a
a
9
3
3
12
a
a
a
a
a
b
b
b
b
b
a
a
a
a
c
9
5
1
13
b
b
b
a
c
c
a
a
a
c
a
a
a
a
c
8
3
4
14
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
5
5
5
15
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
8
7
0
16
a
b
a
b
a
b
a
a
b
c
c
c
c
c
c
4
5
6
17
c
b
c
b
b
b
a
b
a
b
c
c
c
c
c
2
6
7
18
a
a
a
a
c
a
b
c
c
c
c
c
c
a
c
6
1
8
19
a
a
a
c
c
c
a
a
a
a
a
c
c
c
a
9
3
3
20
c
c
c
c
c
c
c
a
b
c
c
b
b
b
b
1
5
9
21
a
a
b
a
a
a
c
c
c
c
c
c
c
c
c
5
1
9
Sumber data: hasil angket siswa



 
TABEL 2

FREKUENSI DAB SKOR ANGKET TENTANG

METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB (VAREBEL X)










NO
HASIL ANGKET
SKOR ANGKET
JUMLAH

a
b
c
ax3
bx2
cx1

1
8
4
3
24
8
3
35

2
4
5
6
12
10
6
28

3
5
6
4
15
12
4
31

4
9
3
3
27
6
3
36

5
5
1
9
15
2
9
26

6
8
7
0
24
14
0
38

7
9
3
3
27
6
3
36

8
8
1
6
24
2
6
32

9
8
7
0
24
14
0
38

10
5
5
5
15
10
5
30

11
9
3
3
27
6
3
36

12
9
5
1
27
10
1
38

13
8
3
4
24
6
4
34

14
5
5
5
15
10
5
30

15
8
7
0
24
14
0
38

16
4
5
6
12
10
6
28

17
2
6
7
6
12
7
25

18
6
1
8
18
2
8
28

19
9
3
3
27
6
3
36

20
1
5
9
3
10
9
22

21
5
1
9
15
2
9
26

Jumlah Total
671








TABEL 7
SKOR TES TENTANG TINGKAT PEMAHAMAN SISWA
PADA MATA PELAJARAN FIQIH (VAREBEL Y)
No
NO Item
Skor
Subjek
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
9
2
1
0
1
0
1
1
1
1
1
1
8
3
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
4
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
5
1
0
1
0
1
1
1
1
1
1
8
6
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
7
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
8
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
9
9
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
10
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
9
11
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
12
1
0
1
1
0
0
1
1
1
1
7
13
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
14
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
9
15
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
16
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
9
17
1
1
1
1
1
1
1
0
1
0
8
18
1
0
1
0
1
1
1
1
1
1
8
19
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
9
20
1
0
1
0
1
1
0
1
1
1
7
21
1
0
1
0
1
1
1
1
1
1
8
Jumlah
188
Sumber Data: Hasil tes siswa




D.    Analisis Data
Sesudah data hsil angket dan tes di klasifikasikan sebagaimana terlihat pada tabel di atas, maka langkah selanjutnya ialah menganalisis data tersebut dengan memakai rumus hubungan product momen. Namun sebelum dianalisis, data hasil angket dan tes tersebut masih bersifat mentah, hal itu perlu diolah terlebih lampau dengan memasukkan kedalam tabel persiapan menghitung ”r” kerja sehigga megampangkan di dalam menganalisisnya.
Adapun langkah-langkah penghitungan sanggup di uraikan sebagai diberikut:
1.      Menjumlah masing-masing skor vareabel X dan vareabel Y
2.      Mencari nilai rata-rata (mean) vareabel X dan vareabel Y, dengan rumus:
        ∑x
X =                                    
        N
        ∑y
Y =                                    
                    N

3.      Menghitung deviasi x dengan rumus : x = xx-
Menghitung deviasi y dengan rumus: Y = y- y-
4.      Mengkuadaratkan x menjadi x2 dan menjumlahkannya.
Mengkuadaratkan y menjadi y2 dan menjumlahkannya.
5.      Mengalikan x dengan y menjadi xy dan menjumlahkannya.
Untuk lebih jelasnya sanggup dilihat pada tabel diberikut:
TABEL 8
PERHITUNGAN KORELASI ANTARA PENGARUH PENGGUNAAN
METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB TERHADAP TINGKAT
PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI FIQIH










NO Resp
X
Y
Rata2 X
Rata2 Y
x
y
x2
y2
xy
1
35
9
31.95
8.95
3.05
0.05
9.30
0.00
0.15
2
28
8
31.95
8.95
-3.95
-0.95
15.60
0.90
3.75
3
31
10
31.95
8.95
-0.95
1.05
0.90
1.10
-1.00
4
36
10
31.95
8.95
4.05
1.05
16.40
1.10
4.25
5
26
8
31.95
8.95
-5.95
-0.95
35.40
0.90
5.65
6
38
10
31.95
8.95
6.05
1.05
36.60
1.10
6.35
7
36
10
31.95
8.95
4.05
1.05
16.40
1.10
4.25
8
32
9
31.95
8.95
0.05
0.05
0.00
0.00
0.00
9
38
10
31.95
8.95
6.05
1.05
36.60
1.10
6.35
10
30
9
31.95
8.95
-1.95
0.05
3.80
0.00
-0.10
11
36
10
31.95
8.95
4.05
1.05
16.40
1.10
4.25
12
38
7
31.95
8.95
6.05
-1.95
36.60
3.80
-11.80
13
34
10
31.95
8.95
2.05
1.05
4.20
1.10
2.15
14
30
9
31.95
8.95
-1.95
0.05
3.80
0.00
-0.10
15
38
10
31.95
8.95
6.05
1.05
36.60
1.10
6.35
16
28
9
31.95
8.95
-3.95
0.05
15.60
0.00
-0.20
17
25
8
31.95
8.95
-6.95
-0.95
48.30
0.90
6.60
18
28
8
31.95
8.95
-3.95
-0.95
15.60
0.90
3.75
19
36
9
31.95
8.95
4.05
0.05
16.40
0.00
0.20
20
22
7
31.95
8.95
-9.95
-1.95
99.00
3.80
19.40
21
26
8
31.95
8.95
-5.95
-0.95
35.40
0.90
5.65
N
671
188


0.05
0.05
498.95
20.95
65.95
Rata2
31.95
8.95







Berdasarkan tabel persiapan menghitung r kerja diatas diketahui bahwa :
MX=∑X/N = 671/21= 31.95
MY=∑Y/N = 188/21= 8.95
=  498.95
= 20.95
= 65.95
Kemudian untuk menganalisis angka – angka tersebut diatas dimasukkan kedalam rumus hubungan product moment, yaitu sebagai diberikut :
rxy       
           
           
              
 = 0,645
            Kaprikornus nilai rxy = 0,645
E.     Pembuktian Hipotesis
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah sebagai diberikut:
Ha :     Ada imbas metode Demonstrasi dan Tanya Jawab terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep 2011-2012.
Ho :     Tidak ada imbas medote Demonstrasi dan Tanya Jawab terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada bahan Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep 2011-2012.
Dari hasil penelitian menghitung “r” kerja di atas, ternyata risikonya ialah 0,645 sedangkan taraf signifikan sanggup diketahui pada tabel statistik hubungan Product Moment dengan responden sebanyak 21 (db = N – 2 = 19) yaitu harga Koreksi “r” 95% ialah 0,433 sedangkan “r” kerja ialah 0,645. “r” kerja kemudian dikonsultasikan dengan “r” tabel hubungan Product Moment. Hasilnya ialah “r” kerja > “r” tabel. melaluiataubersamaini kata lain 0,645 > 0,433.
Untuk tabel harga Koreksi dari r Product Moment selengkapnya sanggup dilihat pada tabel di bawah ini.
Tabel 9 : Tabel Harga Kritik dari r Product Moment
N
Interval Kepercayaan
95 %
99 %
1
0,997
0,999
2
0,950
0,990
.....
.....
.....
…..
…..
…..
18
0,444
0,561
19
0,433
0,549
20
0,423
0,537
 (dikuti dari Arikunto, 2006:359)

Keterangan :
db =  N (Jumlah Responden) – 2 = 21 – 2 = 19


Berdasarkan hasil analisis data penelitian sanggup disimpulkan bahwa Ho (hipotesis nihil) dalam penelitian ini ditolak dengan kata lain Ha (Hipotesis Alternatif) diterima yang menawarkan bahwa ada imbas metode Demonstrasi dan Tanya Jawab terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep 2011-2012.
F.      Pembahasan
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis paparkan di atas menawarkan bahwa metode Demonstrasi dan Tanya Jawab memiliki imbas terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep 2011-2012. Hal ini dibuktikan dengan nilai ”r” kerja yaitu 0,645 > ”r” tabel yaitu 0,433.
 Untuk mengukur tingkat hubungan Product Moment yang diperoleh, dipakai tabel interpretasi nilai r, yaitu sebagai diberikut:
Tabel 10 : Tabel Interpretasi Nilai r
Besarnya Nilai r
Interpretasi
Antara 0,800 hingga degan 1,00
Antara 0,600 hingga degan 0,800
Antara 0,400 hingga degan 0,600
Antara 0,200 hingga degan 0,400
Antara 0,000 hingga degan 0,200
Tinggi
Cukup
Agak Rendah
Rendah
Sangat Rendah (Tak Berkorelasi
(dikuti dari Arikunto, 2006:276)
Hasil “r” kerja dalam penelitian ini yaitu 0,645 berada antara 0,600 s/d 0,800 yang menawarkan hubungan Cukup.
Jadi metode Demonstrasi dan Tanya Jawab memiliki imbas CUKUP terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep 2011-2012.

0 komentar

Posting Komentar