Minggu, 17 Februari 2019

Materi Pendidikan Agama


Materi Pendidikan Agama

            Ajaran pendidikan agama Islam sangat luas dan universal lantaran mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, baik yang bekerjasama dengan kholiqNya maupun sesama mahluk.
            Pada dasarnya materi Pendidikan Agama Islam terbagi menjadi tiga kelompok yaitu :
  1. Aqidah (KeImanan)
  2. Syari’ah (keIslaman)
  3. Ahlaq (Budi pekerti)
Ketiga pedoman agama Islam itu lalu di jabarkan dalam bentuk rukun iman, rukun Islam dan ahlaq. Namun untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Materi Pendidikan Agama Islam ini menjadi 5 bab yang menandakan ke khususanya  dari forum pendidikan lain (SLTP). Adapun lima bab tersebut ialah :
    1. Mata Pelajaran Bahasa Arab
Mata pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasa Tsanawiyah termasuk kategori mata pelajaran PAI, tetapi secara tidak eksklusif terkait denganya. Mata pelajaran ini dimaksudkan untuk mempersembahkan bekal pengetahuan dan kemampuan memakai bahasa Arab baik untuk memahami pedoman Islam dari sumber utamanya maupun sebagai bekal dasar bagi pengembangan lebih lanjut pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
    1. Mata Pelajaran Fiqih
Mata pelajaran fiqih dimaksudkan untuk memdiberi bekal pengetahuan dan kemampuan mengamalkan pedoman Islam dalam aspek khusu’, baik berupa pedoman ibadah, jenazah, mu’amalah, fara’id, atho’imah (hukum makan dan minuman), munakahat dan pokok-pokok ilmu Ushul Fiqih.
3. Al-Qur’an Hadist
Al-Qur’an Hadist ialah bab dari mata pelajaran pendidikan agama Islam yang mempersembahkan pendidikan untuk memahami dan mengamalkan  Al-Qur’an sehingga bisa membaca dengan fasih, menerjemahkan menyimpulkan isi kandungan sebuah ayat-ayat suci Al-Qur’an, menyalin dan menghafal ayat-ayat terpilih serta memahami dan mengamalkan Hadist-Hadist pilihan sebagai pendalaman dan ekspansi materi kajian jenjang pendidikan diberikutnya.
Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist ini berfungsi untuk  mengarahkan pemahaman dan penghayatan pada isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist yang dibutuhkan bisa untuk mewujudkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan sikap yang memancarkan kepercayaan dan taqwa kepada Allah SWT, yang sesuai dengan tuntutan Al-Qur’an dan Al-Hadist.
4.  Sejarah Kebudayaan Islam
Mata pelajaran ini dimaksudkan mempersembahkan bekal kemampuan untuk akseptor didik untuk memahami diri sebagai muslim, serta menumbuhkan kesadaran dengan gairah Islamiyah bahkan kajiannya mencakup beberapa aspek sejarah Nabi dan pekembangan Islam pada masa sesudahnya, serta perkembangan peradapan dan budaya umatIslam semenjak masa Nabi hingga sekarang.
5. Aqidah Ahlaq
Mata pelajaran ini ialah sub mata pelajaran yang mengulas ihwal pedoman agama Islam dalam segi Aqidah dan ahlaq, serta ialah bab dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mempersembahkan bimbingan kepada siswa untuk memahami, menghayati, meyakini kebenaran pedoman Islam, serta bersedia mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Mata pelajaran Aqidah ahlaq dimaksudkan untuk mempersembahkan pengetahuan pemahaman dan penghayatan ihwal keimanan dan nilai-nilai ahlaq yang ialah dasar utama dalam membentuk kepribadian muslim, dengan mengarahkan akseptor didik menjadi insan yang diberiman dan bertaqwa kepada Allah SWT, dan berbudi pekerti yang luhur.

0 komentar

Posting Komentar